Kamis, 22 Januari 2009

Apa Tema Produk Anda?

Untuk membuat produk apapun (baik produk digital maupun produk fisik), ada baiknya jika kita fokus pada tema tertentu.

Ada dua aspek yang harus diperhatikan untuk menentukan tema ini.

Pertama, faktor yang berada dari diri Anda sendiri. Apakah itu? Passion Anda. Jika Anda suka berkebun, buatlah(atau juallah) produk yang berkaitan dengan berkebun. Anda jago masak? Susunlah resep-resep rahasia Anda dalam sebuah buku. Dengan demikian, Anda tidak akan mengeluh,”Tapi saya tak bisa ini, saya belum belajar itu, dst...” Semua takkan sulit, sebab yang Anda perlukan berasal dari passion Anda sendiri. Mungkin inilah hal yang paling menarik, karena Anda tidak akan merasa terpaksa dalam mempersiapkan produk yang Anda jual.

Suatu pepatah mengatakan,”Cintailah pekerjaan Anda, maka Anda akan sukses.” Dalam hal ini, kemungkinan besar pepatah itu benar. Selama ini saya belum pernah bertemu dengan guru yang sukses tanpa mencintai pekerjaannya sebagai seorang pendidik. Ini berlaku juga pada pekerjaan yang lain.

Faktor kedua adalah pasar. Sehebat apapun gairah Anda pada suatu bidang, Anda takkan sukses jika tidak ada orang yang mau memanfaatkan jasa Anda atau membeli produk Anda.

Untuk mencari target pasar, Anda bisa memanfaatkan forum-forum dan milis-milis di internet. Masukkan saja kata kunci 'forum' dan tema Anda di Google untuk mencari forum yang sesuai. Gunakan juga Yahoogroups dan Googlegroups untuk menemukan pasar Anda.


1 komentar:

  1. Bro..artikelmu bagus Lho,tapi alangka baiknya klau km jg beri komentar disalah satu blog ku ini..jd sama2 enak GITU !!

    http://www.tipasik.blogspot.com/

    http://gameonlinemurah.blogspot.com/

    BalasHapus